Jumat, 01 Februari 2013

KEAJAIBAN ORGAN TUBUH MANUSIA DALAM MEMPERBAIKI DIRINYA SENDIRI

Percaya atau tidak, paru-paru Anda ternyata usianya baru enam minggu dan pengecap di lidah usianya baru 10 hari.

Lantas apa alasannya? Tubuh secara alami bersikus yang membuat organ di tubuh tak setua yang Anda bayangkan.

Berapa sajakah usia bagian di tubuh Anda? Berikut rinciannya seperti dikutip Body Soul, Kamis (24/1/2013):

1. Pengecap di lidah (tastebud) usianya 10 hari
"Lidah ditutupi dengan sekitar 9.000 tastebud yang membantu kita merasakan manis, asin, pahit, dan asam," kata Profesor Damian Walmsley, penasihat ilmiah untuk British Dental Association.

Tastebud merupakan kumpulan sel-sel di permukaan lidah, masing-masih rumah memiliki 50 sel rasa. Tunas itu kemudian memperbaharui diri setiap 10 hari hingga 2 minggu. Namun, infeksi atau merokok bisa menyebabkan peradangan, yang bisa merusak tastebud dan mempengaruhi pembaharuannya, mematikan kepekaan.

2. Jantung berusia 20 tahun
Sampai saat ini ada anggapan bahwa jantung tidak bisa memperbarui diri. Namun sebuah studi di New York Medical College di Amerika Serikat menemukan, jantung sebenarnya dihiasi dengan sel induk yang meremajakan diri setidaknya tiga atau empat kali selama seumur hidup.

3. Paru berusia 2-3 minggu
Semua sel-sel di paru-paru terus menerus memperbarui diri, jelas Dr Keith Prowse, Wakil Presiden British Lung Foundation. Namun paru-paru mengandung sel-sel berbeda yang memperbarui diri pada tingkatan yang berbeda.

Alveoli atau sel kantung udara jauh di dalam paru-paru memerlukan pertukaran oksigen dan gas, memiliki kemajuan nan mantap dari regenerasi yang memakan waktu sekitar 1 tahun.

Sementara, sel-sel di permukaan paru-paru harus memperbarui diri setiap dua atau tiga minggu. Ini adalah baris pertahanan pertama paru-paru sehingga bagian ini harus diperbaharui dengan cepat.

Penyakit paru-paru emfisema bisa mencegah regenerasi karena bisa merusak alveoli, yang menciptakan lubang permanen di dinding paru-paru.


4. Usia mata seusia Anda
Mata adalah salah satu bagian tubuh yang tidak berubah selama hidup Anda. Satu-satunya bagian yang terus-menerus memperbaharui adalah kornea, lapisan atas transparan di mata. Jika kornea rusak, maka bisa cepat sembuh dalam 24 jam, kata Dr Rob Hogan, dari UK College of Optometrist.

"Kornea harus memiliki permukaan halus sehingga Anda bisa fokus dengan benar. Itulah mengapa sel memperbaharui diri mereka begitu cepat".

Sayangnya, hal ini tak bisa terjadi di bagian mata lainnya. Seperti usia kita, lensa kehilangan fleksibilitas, itulah sebabnya kita berjuang untuk fokus seiring dengan bertambahnya usia.

5. Usia kulit 2-4 minggu
Epidermis atau lapisan permukaan dari kulit diperbarui setiap 2 sampai 4 minggu. Pergantian yang cepat terjadi karena kulit merupakan perlindungan tubuh dari luar dan terkena cedera serta polusi. Meskipun kulit terus-menerus memperbarui, kita masih bisa keriput dengan bertambahnya usia. Itu karena kulit kehilangan kolagen.

6. Umur tulang 10 tahun
Tulang terus mengganti dirinya sendiri, jelas Dr Peter Selby, ahli osteoporosis di Manchester Royal Infirmary di Inggris.

Tulang membutuhkan sekitar 10 tahun untuk melakukan hal ini sepenuhnya. Tulang tua dipecah oleh sel yang disebut osteoklas dan digantikan oleh sel yang membangun tulang yang dikenal sebagai osteoblas.

Pada satu waktu kita memiliki campuran tulang lama dan baru pada tingkat yang berbeda di seluruh tubuh. Tetapi ketika kita memasuki usia pertengahan proses pembaharuan melambat, sehingga tulang cenderung lebih tipis, itulah sebabnya mengapa osteoporosis sering terjadi.

7. Usia usus 2-3 hari
Usus kita dilapisi sel yang dikenal dengan villi, seperi jari yang bercabang-cabang yang meningkatkan luas permukaan dan membantu usus untuk menyerap nutrisi.

Usus beregenerasi setiap dua hingga tiga hari. Demikian keterangan Profesor Imunologi Tom MacDonald.

Hal ini terjadi karena usus sering terkena bahan kimia, seperti asam lambung yang korosif yang memecah makanan, sehingga terus-menerus diserang.

Sisa dari usus melindungi diri dengan lapisan mukosa, meskipun ini tidak dapat menahan asam lambung dengan lama, sehingga sel-sel di sini memperbarui diri setiap 3-5 hari.

8. Usia kuku : 6-10 bulan
Kuku terbuat dari sel-sel yang kaya protein yang sulit disebut keratin. Kuku jari tangan tumbuh sebesar 3,4 milimeter setiap bulan, hampir dua kali lebih cepat dibanding kuku kaki.

Kuku kaki membutuhkan 10 bulan untuk tumbuh dengan sempurna, tetapi kuku tangan hanya enam bulan. Ini mungkin karena kuku tangan memiliki pasokan darah yang lebih baik dibanding kuku kaki dan sirkulasinya juga lebih baik.

Kuku orang yang lebih muda dan laki-laki tumbuh lebih cepat dibanding orang tua dan wanita, yang juga mungkin karena sirkulasi yang lebih baik.

Anehnya, kuku yang kecil tumbuhnya jauh lebih lambat dibanding kuku lainnya, meski tidak jelas alasannya. Secara umum laju pertumbuhan kuku tergantung usia dan kondisi seperti psoriasis, yang bisa mempengaruhi jaringan kuku tumbuh.

9. Sel darah merah usianya 4 bulan
Sel darah merah sangat penting dalam sistem transportasi tubuh, membawa oksigen ke setiap jaringan hidup dan membawa kotoran pergi.

Sel darah aus setiap empat bulan, setelah itu hati menghilangkan sisa zat besi yang diperlukan untuk kesehatan sel darah merah, dan kemudian sel yang tersisa dihancurkan di limpa. Karena sel darah merah juga dapat hilang karena cedera dan menstruasi, tubuh terus-menerus membuatnya lebih banyak.

10. Usia rambut 3-6 bulan
Ahli bedah restorasi rambut Dr Bessam Farjo mengatakan usia rambut Anda tergantung pada berapa lama itu, tetapi umumnya tumbuh satu sentimeter setiap bulan.

Pada wanita, setiap rambut berlangsung hingga enam tahun dan pada pria tiga tahun. Alis dan bulu mata diperbarui setiap enam sampai delapan minggu, namun mencabut alis berulang kali membuatnya berhenti tumbuh karena mengganggu siklus ini.

11. Usia otak sama seperti usia Anda
Sebagian besar sel-sel tubuh yang berlangsung seumur hidup ditemukan di otak, jelas Dr John Wadley, konsultan ahli bedah saraf di Rumah Sakit Barts dan London di Inggris.

"Kita lahir dengan semua sel-sel otak kita yang memiliki sekitar 100 miliar - dan sebagian besar otak tidak beregenerasi karena menjadi tua. Pada kenyataannya, kita benar-benar kehilangan sel, yang merupakan alasan yang mendasari demensia dan juga mengapa cedera kepala begitu parah.

"Namun, ada dua area otak yang melakukan regenerasi," kata Dr Wadley.

"Bola pencium yang mengatur indra penciuman kita, dan hippocampus, yang merupakan daerah untuk belajar."

12. Usia hati 5 bulan
Hati dikenal karena kemampuannya yang luar biasa untuk memperbaiki dan bisa tumbuh lagi sendiri, berkat kayanya pasokan darah.

Ini berarti hati bisa melanjutkan pekerjaan utamanya dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa peminum berat kadang-kadang dapat memperbaiki keadaan hatinya, itu karena sel-sel hati hanya memiliki umur sekitar 150 hari.

"Saya bisa mengambil 70 persen hati seseorang dalam sebuah operasi dan sekitar 90 persen itu akan tumbuh kembali dalam waktu dua bulan," jelas Dr David Lloyd, konsultan ahli bedah di Leicester Royal Infirmary di Inggris.

Namun, pada peminum sangat berat, sel-sel parenkim (sel utama hati) bisa mengalami kerusakan hebat sehingga membentuk jaringan parut, kondisi yang dikenal sebagai sirosis.

Jadi meskipun hati yang sehat bisa meregenerasi sendiri dengan cepat, jika terjadi sirosis, kerusakan bisa permanen, dan kadang-kadang fatal.(


Sumber : http://zilzaal.blogspot.com/2013/01/keajaiban-organ-tubuh-manusia-dalam.html

0 komentar:

Posting Komentar