Kamis, 31 Januari 2013

Contoh Straight News dan Laporan



1.       Contoh Straight News
Inflasi 2012 Akan Lebih Stabil
Penyiar Berita : Yang menyebabkan kenaikan harga sejumlah komoditas yang ditunjukkan oleh kenaikan beberapa pengeluaran// diantaranya 3 kelompok terbesar yakni kelompok Pangan dan Sandang sebesar 94%, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik sebesar 0.40%, dan kelompok bahan jadi sebesar 0.43%// Kepala BPN Suryani mengatakan bahwa mengalami inflasi rendah karena harga pangan semakin terkendali// dan siprediksi sampai akhir tahun, trand inflasi akan tetap terjaga rendah selama harga pangan tidak naik// sementara lajunya inflasi tahun kalender Januari-Oktober 2012  sebesar 3.66% dan laju inflasi tahunan sebesar 4,61%.

2.       Contoh Laporan
Kedatangan Jamaah Haji 2012 di Beberapa Daerah di Indonesia

Penyiar Berita : Dan saudara pendengar// Jamaah haji asal kota Medan kabupaten Padang Rawang dan kabupaten Tapanuli Tengah hari ini telah selesai melakukan Tawaf Wada’ yang menurut rencana besok jamaah haji akan bertolak dari Mekkah menuju Jeddah pada tanggal 03 November 2012 pukul 07.00 waktu Jeddah//  jamaah Haji akan berangkat dari Bandara King Abdul Azis menuju Bandara Polonia Medan. Dan diperkirakan akan tiba di bandara Polonia Medan pada pukul 17.00 WIB// Sejalan dengan itu, pemerintah kota Sibolga dan Kementerian agama Tapanuli Tengah akan mengadakan penjemputan jamaah haji ke Bandara Polonia Medan pada tanggal 04 November 2012 jamaah haji akan tiba di Kabupaten Sibolga dan Tapanuli Tengah// Demikian dikatakan kepada RRI Pro 3 bahwa ditahun 2012 ini kementrian agama akan memberangkatkan jamaah haji asal Kota Sibolga sebanyak 50 orang// dan ditahun 2013 mendatang akan diberangkatkan sebanyak 68 orang dan hal ini mengalami peningkatan dari tahun 2012 lalu//

“=============INSERT=============”

Narasumber : Kementerian agama kabupaten Sibolga akan menjemput jamaah haji Kabupaten Sibolga bersama dengan Pak Walikota kota Sibolga. Dan akan langsung dibawa ke Kota Sibolga.

 Penyiar Berita : Sedangkan sampai saat ini sebanyak 600 orang calon jamaah haji yang telah terdaftar hingga tahun 2022// dan apabila masyarakat kota Sibolga ada lagi yang ingin mencalonkan diri maka dipastikan akan berangkat pada tahun 2023 mendatang// Berikutnya ikuti laporan rekan kami Ramdhani dari RRI Makassar

Reporter : Baik, terima kasih// Dan pendengar dimanapun anda berada dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dapat kami laporkan bahwa hari ini, kamis 01 November 2012 jamaah haji kloter pertama tiba pukul 07.25 WITA di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar// Nah dari jadwal sebelumnya itu pada pukul 04.30 menit sebenarnya kloter pertama Makassar ini tiba di tanah air//  Namun karena terjadi keterlambatan yang mengakibatkan molornya waktu penerimaan jamaah haji di Asrama Haji Sudiah Makassar selama 3 jam// Berdasarkan informasi yang kami simpun tadi pagi di Asrama Haji Sudiah  Makassar hal ini disebabkan karena bus jamaah haji yang mengangkut jamaah haji asal kota Makassar dari Mekkah menuju Bandara King Abdul Azis ini mangalami mogok dijalan sehingga kelompok regu 8 yang menumpangi bus yang mogok tadi tiba di Bandara King Abdul Azis lambat selama 3 jam// Dan informasi ini disampaikan oleh Sin Hamid petugas bimbingan haji kloter pertama asal kota Makassar.

“=============INSERT=============”

Narasumber : Kebetulan saat rombongan dari mekkah menuju ke Bandara King Abdul Azis ada 1 kendaraan bus yang mogok, rusak. Dan akhirnya kita nunggu hingga 3 jam. Setelah tiba, jamaah langsung naik ke pesawat.

Reporter : Iya saudara ini bukan kesalahan dari pihak Garuda, dan ini murni karena angkutan transportasi bus yang mengalami mogok di perjalanan dari mekkah menuju Bandara King Abdul Azis. Dan demikian informasi yang dapat kami sampaikan dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Kami kembalikan ke rekan Junaedi. Silahkan rekan Junaedi.

Penyiar Berita : Demikian laporan berita kami mengenai kedatangan para jamaah haji, Saya Junaedi pamit undur diri. Selamat malam dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar