Kamis, 31 Januari 2013

Peranan Komunikasi Massa dalam pembangunan Kebudayaan Perwayangan (II)



Peranan Komunikasi Massa dalam pembangunan Kebudayaan Perwayangan
1.      Apa Teori yang berkaitan dengan peranan komunikasi massa dalam pembangunan kebudayaan perwayangan?
Jawab :
Teori Norma Budaya (Norm and Cultural Theory)
Asumsi teori ini adalah:
Media massa melalui informasi yang disampaikannya dengan cara-cara tertentu dapat menimbulkan kesan yang oleh khalayak disesuaikan dengan norma-norma dan nilai-nilai budayanya. Pesan media mampu mengubah norma-norma budaya yang telah ada atau berlaku dalam masyarakat.

2.      Apa hubungan Teori yang berkaitan dengan peranan komunikasi massa dalam pembangunan yang dikatakan sebelumnya yaitu sebagai agen pembaharu (Agent of Social Change)?
Jawab :
Dalam hal ini ada 3 indikator peran media terhadap budaya yaitu:
a.       Memperkuat norma
b.      Mengubah norma
c.       Menciptakan norma baru
Dimana penjelasannya yaitu media massa mempengaruhi budaya-budaya masyarakatnya dengan cara pesan-pesan yang disampaikan media massa memperkuat budaya yang ada. Ketika suatu budaya telah kehilangan tempat apresiasinya, kemudian media massa memberi lahan atau tempat maka budaya yang pada awalnya sudah mulai luntur menjadi hidup kembali. Contoh, acara pertunjukan wayang golek atau wayang kulit yang ditayangkan di Televisi terbukti telah memberi tempat pada budaya tersebut untuk diapresiasi oleh masyarakat. Media massa telah menciptakan pola baru tetapi tidak bertentangan bahkan menyempurnakan budaya lama.

0 komentar:

Posting Komentar