Senin, 25 Juni 2012

Alasan munculnya Organisasi dan pentingnya sebuah manajemen dalam sebuah organisasi

KATA PENGANTAR

Pertama kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita. Semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, beserta sahabat dan keluarganya, serta pengikutnya hingga akhir zaman. Amin.
                Saya penyusun makalah, alhamdulillah telah berhasil menyelesaikan makalah “Asas-asas Manajemen” tentang “Alasan munculnya Organisasi dan pentingnya sebuah manajemen dalam sebuah organisasi”. Dan makalah ini saya ajukan sebagai tugas untuk melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa.
                Semoga dengan tersusunnya makalah ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami Alasan munculnya Organisasi dan pentingnya sebuah manajemen dalam sebuah organisasi.
                Saya menyadari bahwa penulisan dan penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu adanya masukan, pendapat, maupun kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan. Semoga hasil makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan mendapat ridho Allah SWT. Amin.

Samarinda, 18 April 2012
     
          
               
                               
Penyusun


 
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………………  ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………………………………………….  iii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………………………………   1
A.      Latarbelakang ………………………………………………………………………………………………………….    1
B.      RumusanMasalah ……………………………………………………………………………………………………..   1
C.       Tujuan ……………………………………………………………………………………………………………………… 1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………………………………………………………… 2
A.      Tujuan Adanya Organisasi ...…......................................................................................................................  2
B.      Manajemen dalam Sebuah Organisasi ...................................................................................................... 3
BAB III PENUTUP ……………………………………………………………………………………………………………… 5
        Kesimpulan ………………………………………………………………………………………………………………….  5
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………




 



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang
                Organisasi mungkin telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, karena ruang lingkup organisasi yang sangat luas, secara tidak sadar semua manusia sejak lahir sudah ikut dalam organisasi, suatu organisasi dapat menjadi fokus sentral kehidupan seseorang atau ia mungkin hanya merupakan pelayannya untuk sementara waktu. Sebuah organisasi mungkin dapat besifat kaku, “dingin”, tanpa kepribadian, atau kadang-kadang dapat menghasilkan hubungan-hubungan luwes dan bermakna bagi para anggotanya.
                Organisasi adalah suatu hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat luas, sebab hampir di setiap lapisan masyarakat memiliki organisasi untuk menjalankan suatu tujuan yang ingin dicapai. Setiap orang memiliki dasar untuk memimpin yang juga merupakan bagian dari organisasi, paling tidak setiap masing-masing orang memimpin dirinya sendiri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Dewasa ini juga organisasi semakin berkembang, karena organisasi sangat di perlukan pada organisasi, dan juga tata kerja dalam pembagian tugas baik secara individual ,maupun sosial (bersama-sama). Maka dari itu penting bagi kita, mempunyai pengetahuan tentang organisasi, manajemen, maupun tata kerja. Agar dapat mengembangkan potensi diri sebaik mungkin, terutama dalam keorganisasian.
                               
B.     Rumusan masalah
1.       Mengapa organisasi itu muncul?
2.       Apa pentingnya manajemen dalam sebuah organisasi?

C.      Tujuan
1.       Mengetahui alasan atau tujuan terbentuknya sebuah organisasi.
2.       Mengetahui pentingnya manajemen dalam sebuah organisasi.
 

BAB II
PEMBAHASAN

A.     Tujuan adanya organisasi
         Sebelum mengetahui tujuan atau alasan mengapa organisasi itu ada, sebaiknya kita memahami apa pengertian dari organisasi tersebut. Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :
1.       Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
2.       James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
3.       Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
4.       Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan
            Dengan kata lain, (semakin banyak orang yang mengartikannya maka semakin banyak definisi dan semakin luas pula kata itu diartikan). Tapi dari sekian banyak definisi “organisasi”, Organisasi juga bisa dikatakan sekumpulan individu, kelompok yang mempunyai tujuan, visi dan misi tertentu untuk menampung/ menyalurkan pikiran atau pendapat yang tidak sama (dengan kata lain berbeda).
            Dengan kata lain, salah satu bagian penting tugas pengorganisasian adalah mengharrmonisasikan kelompok orang yang berbada, mempertemukan macam-macam kepentingan dan memanfaatkan kemampuan-kepampuan kesemuanya kesuatu arah tertentu. (George .K Terry)
Ciri-ciri organisasi yaitu :
·         Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
·         Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
·         Adanya tujuan
·         Adanya sasaran
·         Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
·         Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
            Tanpa adanya organisasi kita akan menjadi kesulitan untuk melaksanakan suatu kerja sama, karena setiap orang tidak akan mengetahui bagaimana cara bekerja sama dalam sebuah organisasi tersebut. Suatu organisasi dibentuk karena adanya suatu dorongan dari dalam diri sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu organisasi yang berjalan tanpa tujuan adalah sama halnya dengan ular berjalan tanpa kepala, suatu organisasi berjalan dengan baik karena didukung oleh tujuan yang jelas. Tujuan merupakan sebuah rel yang mengarakan kita ke satu arah yang tepat sesuai dengan harapan kita.
            Dengan mengikuti organisasi, seseorang  dapat mengaktualisasikan dirinya. Selain itu, seseorang juga akan memiliki kemampuan lebih di bandingkan dengan mereka yang tidak pernah ikut organisasi dan . Selain itu, dalam organisasi juga bisa melatih soft skill seseorang.
            Orang cenderung ikut serta dalam kegiatan organisasi dikarenakan dalam organisasi, seseorang bisa mendapatkan ilmu yang mungkin tidak didapatkannya selama bangku pendidikan. Seperti mengatur jalannya kegiatan, mengenal karakter orang-perorang, mengatur waktu dengan baik, mengasah softskill, membentuk jiwa kepemimpinan, mengatur cara berkomunikasi yang baik. Dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan mengikuti organisasi juga bisa memperluas jaring pertemanan. Organisasi mampu membangun karakter diri yang matang dalam berpikir, pandai dalam bersosialisai, kritis dalam menyikapi permasalahan dan melatih kebersamaan dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Orang yang berhasil di organisasi kelak tak canggung lagi berbicara di depan umum.
            Didunia ini, tak ada satu pun orang yang sukses tanpa pernah mengikuti sebuah organisasi. Organisasi apapun itu. Jadi, organisasi memiliki peranan yang sangat penting untuk keberhasilan seseorang di masa yang akan datang. Orang yang sukses ialah orang yang berhasil dalam kegiatan organisasinya.
Jadi, Mengapa organisasi harus ada?
Organisasi ada karena ingin mewujudkan tujuan satu atau sekelompok orang yang dikerjakan oleh 2 orang atau lebih secara bekerja sama agar lebih mudah dalam pencapaiannya. Sistem kerjasama ini termasuk dengan pembagian kerja tiap orang, teknologi yang digunakan untuk membatu pencapaian tujuan, pengaturan dan manajerial lingkungan serta pengaturan ekonomi dan transaksi pembiayaan. Adanya organisasi juga digunakan untuk menetapkan kekuasaan, wewenang dan kontrol.
B.      Manajemen dalam sebuah organisasi
            Manajemen dan organisasi sangat berubungan erat, manajemen merupakan atau berarti sebagai kepemimpinan, sedangkan dalam organisasi juga terdapat kepemimpinan. Dengan demikian untuk menyusun organisasi yang baik dan dapat mencapai tujuan di perlukan manajemen yang baik juga.
            Pada dasarnya Manajemen tidak dapat dipandang sebagai proses teknik secara ketat (peranan, prosedur dan prinsip). Namun keterampilan dalam mengatur segala aspek dalam organisasi sangat diperlukan dalam mengatur tatakerja sesuai suatu tujuan, jika tujuan ingin tercapai dengan semaksimal mungkin.
            Hubungan dari manajemen, organisasi, dan tatakerja adalah organisasi secara keseluruhan atau sebagai suatu keselurahan memerlukan manajemen untuk mengatur sistem tatakerja. Pendekatan manajer individual untuk pengawasan sangat disarankan namun harus sesuai dengan situasi yang sedang berlangsung.
Jadi, Seberapa pentingkah manajemen dalam sebuah organisasi?
Manajemen pada prinsipnya bagaimana mengatur kegiatan agar berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan yang diharapkan tersebut akan berhasil dengan baik bilamana kemampuan manusia yang terbatas baik pengetahuan, tehnologi, skill maupun waktu yang dimiliki itu, dapat dikembangkan dengan membagi tugas pekerjaannya, wewenang dan tanggung jawabnya kepada orang lain sehingga secara sinergis dan mutual simbiosis membentuk kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dan pencapaian tujuan lebih baik, tanpa ada kerjasama yang baik maka tidak ada “manajemen”. Bila toh ada, adalah manajemen tradisional atau otoriter.
Oleh  karena itu menurut saya manajemen dalam berorganisasi sangatlah penting. Karena dengan adanya manajemen, sebuah organisasi bisa mengatur semua kegiatan agar dapat dilakukan secara efesien dan efektif.  Tanpa adanya manajemen, kegiatan dalam berorganisasi tidak akan berjalan dengan teratur.
Salah satu contoh pentingnya manajemen dalam organisasi adalah pentingnya memanajemen keuangan organisasi. Karena dengan memanajemen keuangan, sebuah organisasi dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam kesehariannya. Apabila sebuah organiasasi tidak memanajemen keuangannya, maka yang akan terjadi rincian pemasukan dan pengeluaran dananya tidak terinci dengan baik. Dalam suatu organisasi, memanajemen keuangan harus di terapkan agar antara pemasukkan yang didapat dari suatu kegiatan dapat mencukupi keperluan organisasi dengan memanajemen pengeluaran yang ada. Apabila manajemen keuangan tidak diterapkan dalam kehidupan organisasi akan terjadi pengeluaran yang berlebihan dan tak mencukupi keperluan organisasi.
Contoh lain pentingnya manajemen dalam organisasi adalah memanajemen waktu. Memanajemen waktu harus dilakukan agar dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Tidak melakukan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu. Memanajemen waktu sangat penting karena dengan memanaj waktu semua kegiatan organisasi  akan tertata rapi.
Uraian diatas memberikan dorongan untuk menjawab suatu pertanyaan mengapa manajemen itu penting dalam menjalankan organisasi?
Manajemen dikatakan penting, dalam menjalankan kegiatan organisasi, pada dasarnya adalah :
1.       Pekerjaan itu berat dan sulit untuk di kerjakan sendiri, sehingga diperlukan adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya
2.       Suatu organisasi akan berhasil guna dan berdaya guna
3.       Manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki
4.       Manajemen yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan
5.       Manajemen yang baik harus jelas sasaran yang hendak dituju
6.       Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi
7.       Manajemen yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisan, komunikasi yang konstruktif, seimbang, searah, saling menghormati, dan menghargai, mencintai sebagai tujuan dapat dioptimalkan
8.       Manajemen diperlukan untuk kemajuan, dan pertumbuhan Juga perkembangan agar lebih baik lagi
 
 

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan :
Dari pembahasan yang telah disampaikan, maka dapat disumpulkan bahwa organisasi memiliki pengertian sekelompok orang (2 atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi memiliki peranan yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan seseorang. Organisasi juga sangat berhubungan dengan manajemen dan tata kerja karena organisasi secara keseluruhan atau sebagai suatu keselurahan memerlukan manajemen untuk mengatur sistem tatakerja. Dimana Manajemen memeiliki peranan yang sangat penting untuk berhasilnya suatu organisai dalam mencapai tujuannya.


 
DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi (diakses tanggal 18 April 2012)
http://amy09320017.student.umm.ac.id/ (diakses tanggal 18 April 2012)
http://dc342.4shared.com/doc/uWRbGO_f/preview.html  (diakses tanggal 18 April 2012)

0 komentar:

Posting Komentar