KATA PENGANTAR
Pertama kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT,
atas rahmat dan karunianya yang telah diberikan kepada kita. Semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan
kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, beserta sahabat dan keluarganya,
serta pengikutnya hingga akhir zaman. Amin.
Saya penyusun makalah, alhamdulillah telah berhasil
menyelesaikan makalah “Asas-asas
Manajemen”
tentang “Alasan munculnya Organisasi
dan pentingnya sebuah manajemen dalam sebuah organisasi”. Dan makalah ini
saya ajukan sebagai
tugas untuk melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa.
Semoga dengan tersusunnya
makalah ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami Alasan munculnya Organisasi dan
pentingnya sebuah manajemen dalam sebuah organisasi.
Saya menyadari bahwa
penulisan dan penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu
adanya masukan, pendapat, maupun kritik dan saran yang membangun sangat
diperlukan. Semoga hasil makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan
mendapat ridho Allah SWT. Amin.
Samarinda, 18 April 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR …………………………………………………………………………………………………………… ii
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………………………………………………………………. iii
BAB
I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………………………………………… 1
A.
Latarbelakang
…………………………………………………………………………………………………………. 1
B.
RumusanMasalah
…………………………………………………………………………………………………….. 1
C.
Tujuan
……………………………………………………………………………………………………………………… 1
BAB II
PEMBAHASAN ………………………………………………………………………………………………………… 2
A.
Tujuan
Adanya Organisasi ...…...................................................................................................................... 2
B.
Manajemen
dalam Sebuah Organisasi ...................................................................................................... 3
BAB III
PENUTUP ……………………………………………………………………………………………………………… 5
Kesimpulan
…………………………………………………………………………………………………………………. 5
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Organisasi mungkin
telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, karena ruang lingkup organisasi yang
sangat luas, secara tidak sadar semua manusia sejak lahir sudah ikut dalam
organisasi, suatu organisasi dapat menjadi fokus sentral kehidupan seseorang
atau ia mungkin hanya merupakan pelayannya untuk sementara waktu. Sebuah
organisasi mungkin dapat besifat kaku, “dingin”, tanpa kepribadian, atau
kadang-kadang dapat menghasilkan hubungan-hubungan luwes dan bermakna bagi para
anggotanya.
Organisasi adalah
suatu hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat luas, sebab hampir di setiap
lapisan masyarakat memiliki organisasi untuk menjalankan suatu tujuan yang
ingin dicapai. Setiap orang memiliki dasar untuk memimpin yang juga merupakan
bagian dari organisasi, paling tidak setiap masing-masing orang memimpin
dirinya sendiri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Dewasa ini juga
organisasi semakin berkembang, karena organisasi sangat di perlukan pada
organisasi, dan juga tata kerja dalam pembagian tugas baik secara individual
,maupun sosial (bersama-sama). Maka dari itu penting bagi kita, mempunyai
pengetahuan tentang organisasi, manajemen, maupun tata kerja. Agar dapat
mengembangkan potensi diri sebaik mungkin, terutama dalam keorganisasian.
B. Rumusan
masalah
1. Mengapa
organisasi itu muncul?
2. Apa
pentingnya manajemen dalam sebuah organisasi?
C. Tujuan
1. Mengetahui
alasan atau tujuan terbentuknya sebuah organisasi.
2. Mengetahui
pentingnya manajemen dalam sebuah organisasi.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Tujuan adanya organisasi
Sebelum mengetahui tujuan atau alasan mengapa
organisasi itu ada, sebaiknya kita memahami apa pengertian dari organisasi
tersebut. Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang
sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya
digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama
secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan
terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan),
sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut :
1.
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu
pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan
mengejar tujuan bersama
2.
James D. Mooney
mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama
3.
Chester I. Bernard
berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
4.
Stephen P. Robbins
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan
Dengan
kata lain, (semakin banyak orang yang mengartikannya maka semakin banyak
definisi dan semakin luas pula kata itu diartikan). Tapi dari sekian banyak
definisi “organisasi”, Organisasi juga bisa dikatakan sekumpulan individu,
kelompok yang mempunyai tujuan, visi dan misi tertentu untuk menampung/
menyalurkan pikiran atau pendapat yang tidak sama (dengan kata lain berbeda).
Dengan
kata lain, salah satu bagian penting tugas pengorganisasian adalah
mengharrmonisasikan kelompok orang yang berbada, mempertemukan macam-macam
kepentingan dan memanfaatkan kemampuan-kepampuan kesemuanya kesuatu arah
tertentu. (George .K Terry)
Ciri-ciri organisasi yaitu :
·
Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
·
Adanya kerja sama (cooperative yang
berstruktur dari sekelompok orang)
·
Adanya tujuan
·
Adanya sasaran
·
Adanya keterikatan format dan tata
tertib yang harus ditaati
·
Adanya pendelegasian wewenang dan
koordinasi tugas-tugas
Tanpa
adanya organisasi kita akan menjadi kesulitan untuk melaksanakan suatu kerja
sama, karena setiap orang tidak akan mengetahui bagaimana cara bekerja sama
dalam sebuah organisasi tersebut. Suatu
organisasi dibentuk karena adanya suatu dorongan dari dalam diri sekelompok orang
untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu organisasi yang berjalan tanpa
tujuan adalah sama halnya dengan ular berjalan tanpa kepala, suatu organisasi
berjalan dengan baik karena didukung oleh tujuan yang jelas. Tujuan merupakan
sebuah rel yang mengarakan kita ke satu arah yang tepat sesuai dengan harapan
kita.
Dengan
mengikuti organisasi, seseorang dapat mengaktualisasikan dirinya. Selain
itu, seseorang juga akan memiliki kemampuan lebih di bandingkan dengan mereka
yang tidak pernah ikut organisasi dan . Selain itu, dalam organisasi
juga bisa melatih soft skill seseorang.
Orang
cenderung ikut serta dalam kegiatan organisasi dikarenakan dalam organisasi,
seseorang bisa mendapatkan ilmu yang mungkin tidak didapatkannya selama bangku
pendidikan. Seperti mengatur jalannya kegiatan, mengenal karakter
orang-perorang, mengatur waktu dengan baik, mengasah softskill, membentuk jiwa
kepemimpinan, mengatur cara berkomunikasi yang baik. Dan masih banyak lagi.
Selain itu, dengan mengikuti organisasi juga bisa memperluas jaring pertemanan.
Organisasi mampu membangun karakter diri yang matang dalam berpikir, pandai
dalam bersosialisai, kritis dalam menyikapi permasalahan dan melatih kebersamaan dalam memecahkan
masalah yang sedang dihadapi. Orang yang berhasil di organisasi kelak
tak canggung lagi berbicara di depan umum.
Didunia
ini, tak ada satu pun orang yang sukses tanpa pernah mengikuti sebuah
organisasi. Organisasi apapun itu. Jadi, organisasi memiliki peranan yang sangat
penting untuk keberhasilan seseorang di masa yang akan datang. Orang yang sukses ialah orang yang
berhasil dalam kegiatan organisasinya.
Jadi, Mengapa organisasi harus
ada?
Organisasi ada karena ingin mewujudkan tujuan satu atau sekelompok
orang yang dikerjakan oleh 2 orang atau lebih secara bekerja sama agar lebih mudah
dalam pencapaiannya. Sistem kerjasama ini termasuk dengan pembagian kerja tiap
orang, teknologi yang digunakan untuk membatu pencapaian tujuan, pengaturan dan
manajerial lingkungan serta pengaturan ekonomi dan transaksi pembiayaan. Adanya
organisasi juga digunakan untuk menetapkan kekuasaan, wewenang dan kontrol.
B.
Manajemen dalam sebuah organisasi
Manajemen
dan organisasi sangat berubungan erat, manajemen merupakan atau berarti sebagai
kepemimpinan, sedangkan dalam organisasi juga terdapat kepemimpinan. Dengan
demikian untuk menyusun organisasi yang baik dan dapat mencapai tujuan di
perlukan manajemen yang baik juga.
Pada
dasarnya Manajemen tidak dapat dipandang sebagai proses teknik secara ketat
(peranan, prosedur dan prinsip). Namun keterampilan dalam mengatur segala aspek
dalam organisasi sangat diperlukan dalam mengatur tatakerja sesuai suatu
tujuan, jika tujuan ingin tercapai dengan semaksimal mungkin.
Hubungan
dari manajemen, organisasi, dan tatakerja adalah organisasi secara keseluruhan
atau sebagai suatu keselurahan memerlukan manajemen untuk mengatur sistem
tatakerja. Pendekatan manajer individual untuk pengawasan sangat disarankan
namun harus sesuai dengan situasi yang sedang berlangsung.
Jadi, Seberapa pentingkah
manajemen dalam sebuah organisasi?
Manajemen pada prinsipnya bagaimana mengatur kegiatan agar
berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan yang
diinginkan. Tujuan yang diharapkan tersebut akan berhasil dengan baik bilamana
kemampuan manusia yang terbatas baik pengetahuan, tehnologi, skill maupun waktu
yang dimiliki itu, dapat dikembangkan dengan membagi tugas pekerjaannya,
wewenang dan tanggung jawabnya kepada orang lain sehingga secara sinergis dan
mutual simbiosis membentuk kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan
dan pencapaian tujuan lebih baik, tanpa ada kerjasama yang baik maka tidak ada
“manajemen”. Bila toh ada, adalah manajemen tradisional atau otoriter.
Oleh
karena itu menurut saya manajemen dalam berorganisasi sangatlah penting. Karena
dengan adanya manajemen, sebuah organisasi bisa mengatur semua kegiatan agar
dapat dilakukan secara efesien dan efektif. Tanpa adanya manajemen,
kegiatan dalam berorganisasi tidak akan berjalan dengan teratur.
Salah
satu contoh pentingnya manajemen dalam organisasi adalah pentingnya memanajemen
keuangan organisasi. Karena dengan memanajemen keuangan, sebuah organisasi dapat
mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam kesehariannya. Apabila sebuah
organiasasi tidak memanajemen keuangannya, maka yang akan terjadi rincian
pemasukan dan pengeluaran dananya tidak terinci dengan baik. Dalam suatu organisasi,
memanajemen keuangan harus di terapkan agar antara pemasukkan yang didapat dari
suatu kegiatan dapat mencukupi keperluan organisasi dengan memanajemen
pengeluaran yang ada. Apabila manajemen keuangan tidak diterapkan dalam
kehidupan organisasi akan terjadi pengeluaran yang berlebihan dan tak mencukupi
keperluan organisasi.
Contoh
lain pentingnya manajemen dalam organisasi adalah memanajemen waktu. Memanajemen
waktu harus dilakukan agar dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan
sebaik-baiknya. Tidak melakukan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu.
Memanajemen waktu sangat penting karena dengan memanaj waktu semua kegiatan organisasi akan tertata rapi.
Uraian diatas memberikan dorongan
untuk menjawab suatu pertanyaan mengapa manajemen itu penting dalam menjalankan
organisasi?
Manajemen dikatakan penting,
dalam menjalankan kegiatan organisasi, pada dasarnya adalah :
1.
Pekerjaan
itu berat dan sulit untuk di kerjakan sendiri, sehingga diperlukan adanya
pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya
2.
Suatu
organisasi akan berhasil guna dan berdaya guna
3.
Manajemen
yang baik dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki
4.
Manajemen
yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan
5.
Manajemen
yang baik harus jelas sasaran yang hendak dituju
6.
Manajemen
merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi
7.
Manajemen
yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisan, komunikasi yang konstruktif,
seimbang, searah, saling menghormati, dan menghargai, mencintai sebagai tujuan
dapat dioptimalkan
8.
Manajemen
diperlukan untuk kemajuan, dan pertumbuhan Juga perkembangan agar lebih baik
lagi
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan :
Dari pembahasan
yang telah disampaikan, maka dapat disumpulkan bahwa organisasi memiliki
pengertian sekelompok orang (2 atau lebih) yang secara formal dipersatukan
dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi
memiliki peranan yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan seseorang. Organisasi
juga sangat berhubungan dengan manajemen dan tata kerja karena organisasi
secara keseluruhan atau sebagai suatu keselurahan memerlukan manajemen untuk
mengatur sistem tatakerja. Dimana Manajemen memeiliki peranan yang sangat
penting untuk berhasilnya suatu organisai dalam mencapai tujuannya.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi (diakses
tanggal 18 April 2012)
http://amy09320017.student.umm.ac.id/ (diakses tanggal 18 April 2012)
http://dc342.4shared.com/doc/uWRbGO_f/preview.html
(diakses tanggal 18 April 2012)
http://nadiachya.blogspot.com/2010/11/tugas-tou-1-makalah-organisasi.html (diakses tanggal 18 April 2012)
http://irfanrahman.wordpress.com/2010/11/25/manajemen-dan-implementasinya-dalam-organisasi/ (diakses tanggal 18 April 2012)
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar